#42 Sebelum dan Saat Ujian Nasional (SMA)

Posted: April 15, 2012 in Uncategorized

16 April 2012, akan diadakan Ujian Nasional. banyak pro dan kontra mewarnai penyelenggaraan ujian yang dilaksanakan oleh negara, mulai dai standard yang dirasa terlalu tinggi bagi sebagian siswa, soal ujian yang bocor, kunci jawaban yang tersebar, baik benar atau salah, disengaja atu tidak, sampai pertanyaan ‘kenapa harus negara yang menentukan kelulusan?’

terlepas dari itu semua, berdasarkan yang saya alami, ternyata faktor non-teknis lah yang lumayan berperan pada lulus-tidaknya seorang siswa. siswa yang pinternya kebangetan, dan siswa yang belajar mati2an, belum tentu lulus. siswa yang kurang pintar bahkan nilai akhirnya bisa melebihi siswa pintar. faktor “keberuntungan” juga berperan di sini.

dan kalo diingat2, ada beberapa kegiatan “non-akademik” yang dilakukan untuk kesuksesan ujian nasional, diantaranya:

1. istighotsah pagi sebelum pelajaran dimulai

2. istigotsah seminggu sekali di rumah teman (sekalian silaturahmi)

3. kegiatan ESQ, tujuannya menambah motivasi (saya dan teman2 se-aula sampai nangis bombay )

4. menyiapkan “strategi” yang ada hubungannya dengan “posisi tempat duduk” dan “siswa pintar”, tentu saja kegiatan menyiapkan “strategi” ini dibantu oleh guru *serius*

5. pensil yang sudah “di-doa-i” (dianjurkan tidak menggunakan pensil dan alat tulis sendiri karena diragukan “keampuhannya” )

6. biasanya mendekati ujian nasional, pada akhir pelajaran diberi motivasi oleh guru, terutama oleh guru yang mata pelajarannya diujikan

dan apa yang saya lakukan pas seminggu sebelum ujian nasional: jarang belajar, banyak berdoa, 2 hari sebelum UN saya istigotsah sekaligus menyiapkan “strategi” bersama “teman di-arah-jam-2-dan-arah-jam-4”, 1 hari sebelum UN saya berenang di pemandian Tlogomas, dan pada saat UN mata pelajaran yg paling horor adalah Fisika, karena pengawasnya bener2 melakukan pengawasan ketat, dan Kimia karena soalnya sulit untuk dijawab.

menurut saya yang agak awam ini, adanya fenomena ini, karena siswa sendiri merasa UN cukup menentukan masa depan mereka, dan wajar saja jika mereka biasanya melakukan berbagai cara agar lulus ujian nasional.

apapun itu, terlepas dari pro dan kontra ujian nasional, semoga kalian, adik2 yang akan menghadapi UN, saya doakan, SEMOGA BERUNTUNG, dan kemudian kalian akan mengalami kejadian seperti gambar di bawah ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s