#40 Kecewa (Cerita Tentang Sepakbola part.1)

Posted: April 6, 2012 in Uncategorized

Saya mengenal sepakbola kira-kira pas kelas 3-4 SD, dimana klub favorit pertama saya adalah SS Lazio (Italia) dan sukses membuat saya sangat menggemari sepakbola Italia. Tak terkecuali saat perhelatan EURO 2000 dimana Beldanda dan Belgia menjadi tuan rumah.

yang akan saya ceritakan disini adalah cerita dimana saya untuk pertama kalinya kecewa karena sepakbola. ya, saya sangat kecewa karena tim favorit saya, Italia, gagal menjuarai EURO 2000. Cerita dimulai ketika semifinal, Italia mengahadapi tuan rumah Belanda. saat itu saya sangat menyukai sekaligus terinspirasi oleh penampilan cemerlang kiper Francesco Toldo yang pada saat itu memperkuat Fiorentina. pada laga yang berkesudahan 0-0 pada waktu normal itu, sang kiper melakukan beberapa penyelamatan gemilang. momen yang saya ingat adalah permainan Italia tidak terlalu istimewa. Belanda mendapat 2x tendangan penalti, yang pertama dieksekusi oleh sang kapten Frank de Boer, tapi dengan sukses ditepis oleh Toldo. kemudian penalti kedua yang dieksekusi oleh striker mereka, Patrick Kluivert tapi mengenai tiang gawang. Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan adu penalti karena tidak ada gol di waktu normal dan perpanjangan waktu. ketika adu penalti dimulai, terlihat para pemain Italia lebih rileks. eksekutor Italia saat itu: Luigi Di Biaggio, Gianluca Pessotto, Paolo Maldini, Francesco Totti. Maldini gagal, lainnya berhasil. sedangkan eksekutor Belanda: Frank de Boer, Jaap Stam, Kluivert, Paul Bosvelt. sang kapten gagal untuk kedua kalinya. begitu pula Stam dan Bosvelt. hanya Kluivert yang membayar kesalahannya. skor akhir 3-1 dan Italia melaju ke final untuk berhadapan dengan Prancis.

cerita berlanjut saat final, Italia vs Prancis. saya yang menjagokan Italia bersorak ketika Marco Delvecchio berhasil mencetak gol untuk Italia. kemudian jual beli serangan terjadi. Prancis yang diperkuat Zinedine Zidane dibuat frustasi oleh penampilan gemilang Toldo. saat saya sudah bersiap merayakan kemenangan, pada menit2 akhir pertandingan, sebuah tusukan dari Sylvain Wiltord, pemain yang saya tidak ketahui sebelumnya membuat gol untuk menyamakan kedudukan sekaligus membuyarkan kemenangan di depan mata Italia. skor waktu normal: 1-1. pertandingan pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, kemudian sebuah umpan silang dari Robert Pires (kalo gak salah) diselesaikan oleh David Trezeguet. itu adalah Golden Goal. pertandingan langsung berakhir. Prancis juara. semua berakhir begitu cepat.

saya yang waktu itu menjagokan Italia, langsung terdiam. shock. speechless. bener2 gak menyangka, Prancis yang sebelumnya menjadi juara di Piala Dunia 1998 berhasil mengawinkan gelar juara dengan EURO 2000.

itulah ketika pertama kalinya saya sangat kecewa, gara2 sepakbola….

Italia gagal menjuarai EURO 2000

sebuah momen setelah Trezeguet berhasil membuat gol emas ke gawang Italia

nb:

*image by mbah Google

*untuk videonya cari sendiri ye di yutub :p

Komentar
  1. […] 1998 FIFA 월드컵에 이어 유로 2000까지 거머쥐는 프랑스 이미지참조_rezaexemplary.wordpress.com 망연자실한 델 피에로와 現 피오렌티나 감독 빈센초 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s