#36 Sepakbola Eropa itu Membosankan!

Posted: Agustus 28, 2011 in Uncategorized

Sepakbola, sejenis olahraga terpopuler di dunia, yang semula hanya dipakai untuk bermain-main dan refreshing, telah berkembang menjadi sebuah kompetisi ketat, dimana banyak sekali drama di dalamnya. Saya gak akan menceritakan sejarah asal-usul sepakbola, tapi saya akan membahas tentang KOMPETISI nya.

Saya mulai mengenal sepakbola pada akhir 90-an, di mana saya menjadikan SS. LAZIO sebagai tim favorit saya. Entah kenapa, mungkin karena saya suka dengan warna kostum mereka. Baru kemudian saya mengenal AREMA MALANG, sebagai klub lokal favorit saya, tentu saja karena saya berasal dari kota Malang.

Dan entah kenapa pula, saya gak terlalu suka dengan sebuah dominasi pada suatu kompetisi. Logikanya, misal Liga Spanyol dengan dominasi Barcelona dan Real Madrid, sedangkan tim2 lain hanya dianggap sebagai pengganggu, apakah masih pantas disebut liga terbaik dunia? Liga Italia, dalam 5 tahun terakhir didominasi oleh Inter Milan & AC Milan, Juventus juga sempat mendominasi. Tim lain? Liga Inggris, yang hanya dikuasai oleh Big Four, MU, Arsenal, Liverpool, Chelsea. Tim lain mana? Liga Champions Eropa apalagi. Hanya tim yang punya tradisi yang punya kesempatan juara. Tapi masih lebih parah Liga Skotlandia, hanya ada 2 tim yang bisa juara, Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic. Lainnya? Kompetisi melibatkan banyak klub, dan hanya sebatas itukah keikutsertaan klub2 itu dalam sebuah kompetisi????

Memang dengan kekuatan finansial yang mereka miliki, mereka bisa saja membangun sebuah tim impian sesuka mereka. Mengambil pemain bagus dari tim2 kecil, dan dari sini lah akhirnya saya sadar, kadang dengan uang kita bisa membeli sebuah prestasi. Kompetisi tak hanya sebatas taktik permainan di atas lapangan, tapi juga kekuatan finansial di luar lapangan. Miris memang, ketika sebuah tim kecil susah2 membentuk seorang pemain bintang, tim lain dengan kekuatan finansialnya datang dan membeli dengan harga yang (kadang) murah, dan kemudian tim itu juara!!

Lazio, Roma, Leeds United, Arsenal, Valencia, Deportivo La Coruna. Tim2 dari 3 liga terbaik dunia itulah yang sempat memutus dominasi tim2 besar lain, tapi mereka juga sudah cukup lama gak merasakan juara. Leeds & La Coruna malah akhirnya terdegradasi. Masih mending liga Jerman, gak lagi didominasi oleh Bayern Munchen. Wolfsburg, Schalke 04, Werder Bremen, dan Borussia Dortmund juara bergantian.

Di sini saya hanya sebagai penikmat sepakbola. Saya memang mendukung salah satu tim eropa, tapi hanya sebatas nge-fans saja, gak sampai fanatik. Sepakbola itu seperti sinetron-nya cowok. Kadang kita bener2 emosi dengan salah satu tokohnya, kita ribut dengan fans rival, sebenernya kita gak dapat apa2!!!!

Sesungguhnya saya menunggu mereka2 yang hanya dianggap kuda hitam untuk jadi juara. Udinese, Lazio, Villareal, Valencia, Sevilla, Arsenal, Tottenham, Newcastle dan mereka2 yang tiap musimnya hanya dianggap sebagai ancaman…

 

Football is a game.. Only ancient creatures who don’t understand how to enjoy the game..🙂

(tulisan ini dibuat setelah saya menyaksikan laga Manchester United vs Arsenal (29 Agustus 2011). Skor akhir: 8-2 untuk MU)

kapan mereka juara lagi?

Tinggalkan Balasan

