#23 Semua Ada Masanya

Posted: September 29, 2010 in Uncategorized

“…kangen masa2 SMA..”, saya membaca status pesbuk salah seorang teman yang akhir2 ini menjadi trend. Kangen masa SMA, apakah kita yang sudah kuliah ini harus kembali lagi menjadi anak SMA untuk mengobati rasa kangen? Kalo saya gak akan mau, kemunduran itu namanya. Hidup kan pasti ke depan, dan masa2 indah cukup hanya untuk dikenang, bukan untuk dinikmati kembali…

Tapi menarik juga untuk mengulas tentang masa2 indah saat sekolah dulu, dan yang akan saya bahas bukan hanya indahnya masa SMA, tapi juga masa SD dan SMP..hoho

1. Masa SD

Masa2 SD adalah masa2 di mana kita menikmati yang namanya bermain tanpa peduli apa yang orang lain katakan. Permainan apapun. Di SD saya dulu, sekitar awal tahun 2000-an, ada permainan yang sangat populer di kalangan teman2, yaitu sepakbola. Cuma sepakbola? Tidak. Tapi sepakbola menggunakan benda apa saja yang bisa ditendang. tutup kaleng, biji pohon Ketapang, bola tenis, bola apapun. Yang penting bisa main sepakbola. Bahkan saking jengkelnya, salah seorang guru saya berkata, “sepakbola itu permainan menggunakan sebuah bola sepak yang dimainkan di lapangan sepakbola. Yang kalian tendang itu adalah sampah, jadi mainnya ya harus di tempat sampah…”.

Selain permainan sepakbola, ada permainan lain seperti bentengan dan gobaksodor, yang tentunya membuat kami bisa berteriak sepuasnya.

Masa2 SD juga masa2 gak mikir tentang pelajaran (kalo saya). Saat mau ujian, setelah belajar, saya main PS. Bahkan saat pengumuman UPM (Uji Pengendali Mutu, semacam UAN) saya malah gak tau apa2. Yang saya lihat, teman2 membuka amplop, lalu berteriak kegirangan. Ternyata pengumuman kelulusan SD. dan alhamdulillah, saya lulus dengan nilai yang nilai yang memuaskan, sekali lagi, menurut saya.

2. Masa SMP

Masa2 SMP, masa2 peralihan dari anak kecil menjadi akil baligh. Sudah mengenal yang namanya pacaran, berkelahi, dan melakukan hal2 yang gokil. Pada masa2 ini untuk pertama kalinya saya berkelahi, mencoba rokok, dan untung saja saya tidak sampai ikut2an mabuk. Urusan kabur dari sekolah, saya cukup sering melakukannya. Pada masa2 ini, saya dikenalkan musik metal oleh teman saya Agung, alhasil saya mengenal band2 seperti Dream Theater dan Guns N’ Roses. Saya juga pernah ikut balapan dengan teman2 saya. Penampilan teman2 saya juga “gaul”, setidaknya itu menurut mereka. Dengan rambut spike, celana komprang, sabuk dan sepatu skater, dan olahraga yang sangat populer pada saat itu adalah skateboard, pokoknya hal2 yang berbau PUNK adalah keren. Saya tidak terlalu mengikutinya. Capek.

3. Masa SMA

Masa2 SMA, masa2 yang katanya paling indah, paling gokil, paling gila. Untuk pertama kalinya saya ber-pacaran, yang mana hanya bertahan 1 bulan. Alhamdulillah ketika pacaran untuk kali kedua bisa sampai bertahan 3 tahun lebih, walaupun akhirnya gagal lagi.. Masa2 SMA adalah masa dimana kita mulai pusing memikirkan hidup, memikirkan pacar, memikirkan sekolah, memikirkan ujian..

Saya pernah beradu mulut dengan salah seorang guru Geografi saya sampai saya emosi, dan akhirnya saya berhasil mengibuli beliau..haha dan itu adalah salah satu hal gila yang pernah saya lakukan selain bolos waktu pelajaran, mendemo Kepala Sekolah karena memindahkan ruangan kelas saya secara permanen, padahal sudah PW, kucing2an dengan guru, dan tentu saja kabur dari sekolah…

**********************

Dari semua masa itu, terus terang saja saya paling menikmati jaman SD. Jaman2 tanpa beban, bisa berteriak sepuasnya, tidak peduli dengan sekeliling, melakukan hal gila khas anak SD, tidak memikirkan pelajaran, tidak memikirkan CINTA (sangat pusing memikirkan “urusan” satu itu). Yang saat itu saya lakukan hanya masuk kelas untuk belajar (sebelum masuk kelas harus baris dulu), istirahat main sepakbola, masuk kelas dimarahi guru karena berkeringat, dihukum karena tidak mengerjakan PR, dan BERMAIN dengan puas..

Saya sangat ingin sekali kembali lagi ke SD tempat saya pernah belajar, bukan sebagai murid tentunya, tapi sebagai GURU. Ya, itu adalah salah satu cita-cita saya. Menjadi guru SD. Lebih spesifik lagi, menjadi guru di SD yang pernah membesarkan saya. Semoga…

Komentar
  1. alisnaik mengatakan:

    main bola pake biji ketapang dan bola tenis,

    MIN bangeeet !!!😆

Tinggalkan Balasan

